UA-87394766-1 Morfologi Tanaman Manggah Dan Nama Ilmiahnya - Aneka Ramuan Kesehatan

Morfologi Tanaman Manggah Dan Nama Ilmiahnya

Morfologi Tanaman Manggah Dan Nama Ilmiahnya
Morfologi tanaman manggah dan nama ilmiahnya :: Indonesia dikenal sebagai salah satu negara penghasil berbagai jenis buah-buahan. iklim serta curah hujan yang baik, menjadikan berbagai jenis tanaman buah dapat tumbuh dengan subur. Salah satu tanaman buah yang bisa ditemukan secara mudah adalah manggah.

Manggah merupakan salah satu jenis tanaman bauh yang populer di indonesia. Rasa buah manis dan menyegarkan, menempatkan buah manggah sebagai salah satu buah yang memiliki banyak penggemar.

Tanaman yang termasuk kedalam marga mangifera ini diperkirakan berasal dari wilayah India, kemudian menyebar hingga kewilayah asia tenggara termasuk Indonesia.

Indonesia dikenal sebagai penghasil 2 jenis manggah yaitu jenis mangifera indica L seperti manggah arum manis, manalagi, golek, dan jenis mangifera foetita seperti manggah kemang dan kweni.

Morfologi dan Nama ilmiah

Morfologi :
Manggah dikenal sebagai tanaman tingkat tinggi. Tanaman ini digolongkan kedalam kelompok arboreus karena memiliki batang dengan ketinggian diatas 5 meter.

Nama Ilmiah :
  • Kerajaan : Plantae
  • Filum : Magnoliophyta
  • Klas : Magnoliopsida
  • Ordo : Sapindales
  • Famili : Anacardiaceae
  • Genus : Mangifera
  • Spesies : M.indica

Ciri-ciri umum tanaman manggah antara lain :

  1. Struktur batang umumnya besar. Tumbuh tegak dan bercabang dengan ketinggian pohon bisa mencapai 40 meter.
  2. Batang memiliki kulit tebal dengan tekstur kasar, warna kulit batang umumnya coklat keabuan, kelabu tua hingga hitam. Terdapat banyak celah-celah kecil serta sisik yang merupakan bekas tempat tumbuhnya daun.
  3. Akar tumbuh memanjang dan bercabang-cabang dengan panjang bisa mencapai 6 meter.
  4. Termasuk kedalam tumbuhan berdaun tunggal, daun tumbuh lebat dan tersebar disetiap batang. Secara umum daun manggah memilikiciri-ciri sebagai berikut : panjang tangkai daun antara 1-1,25 cm. Bagian pangkal membesar, sisi daun bagian atas terdapat alur. Posisi daun pada batang umumnya berjarak 3/8 dan semakin ujung batang posisinya makin berdekatan. Helai daun berbentuk jorong hingga linset. Tekstur daun agak liat, warna daun muda kemerahan, kekuningan, dan keunguan. Warna daun akan berubah hijau lalu kuning menua. Pangkal daun lancip, tepi daun berbentuk gelombang, bagian ujung daun meruncing. Beberapa varietas manggah memiliki strutur daun yang berbeda. antara lain : bulat telur, dan ujung daun meruncing, lonjong, dan ujung daun seperti mata tombak, segi empat dan ujung membulat, serta segi empat dan ujung daun meruncing.
  5. Bunga mejemuk dan berkelamin campuran, warna kuning kehijauan. Tumbuhmemanjang hingga 40 cm.
  6. Buah manggah memiliki warna hijau muda ketika masih muda dan akan berubah menjadi kuning kehijauan ketika sudah matang. bentuk buah beraneka ragam tergantung dari varietasnya, ada yang bulat, lonjong telur, hingga lonjong memanjang. Ukuran buah umumnya antara 25-30 cm.

Sekian ulasan mengenai morfologi tanaman manggah dan nama ilmiahnya, silahkan baca artikel selanjutnya yang akan mengulas tentang Khasiat Buah Manggah Dan Unsur Gizi Untuk Kesehatan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Morfologi Tanaman Manggah Dan Nama Ilmiahnya"

Post a Comment