UA-87394766-1 Riset Seputar Khasiat Kulit Manggis - Aneka Ramuan Kesehatan

Riset Seputar Khasiat Kulit Manggis

Riset seputar khasiat kulit manggis

Riset seputar khasiat kulit manggis :: Kandungan xanthone yang terdapat dalam kulit manggis, menjadikan bagian terluar dari buah manggis ini berubah menjadi "benda berharga dan sering menjadi objek studi para periset kesehatan.

Banyak riset telah dilakukan demi mengetahui khasiat kulit manggis untuk kesehatan manusia. riset dilakikan dengan menggunakan ekstrak dari kulit.

Riset awal dilakukanpada tahun 2002 oleh Hong et al. dan berhasilmengisolasi beberapa senyawa xanthone dan menguji efek sitotoksisitas pada line kanker hati.

Penelitian selanjutnya dilakukan oleh Moongkamdi et al pada tahun 2004. Dalam laporan penelitiannya menyebutkan bahwa ekstrak dari kulit manggis menunjukkan aktivitas sangat potensial dalam menghambat proliferasi sel kanker payudara.


Riset seputar khasiat kulit manggis
Beberapa studi ilmiah juga menunjukkan peranan xanthone sebagai antiinflamasi. Salah sat laporan dari riset yang dilakukan oleh Departemen of Pharmaceutical Biology dari Universitas Tohoku menyebutkan bahwa alpha mangostin dapat menghalangi pembentukkan histamin. Histamin sendiri adalah salah satu protein yang berperan dalam berbagai reaksi alergi ditubuh dan menyebabkan peradangan sehingga secara langsung dapat memicu peningkatan tekanan darah.

Para peneliti indonesia pun melakukan penelitian dengan objek ekstrak kulit manggis, salah satunya oleh Dr Indah Yuliasih,, periset dari Fakultas Teknologi pertanian Bogor (IPB). Dari hasil risetnya, diketahui bahwa kulit manggis memiliki 99 khasiat nagian dalam memiliki sifat anti kanker dan antioksidan sangat tinggi.

Riset lainnya tentang khasiat kulit manggis dilakukan oleh periset dari universitas andalas yaitu Dachriyanus. Dalam laporan risetnya menyebutkan bahwa ekstrak kulit manggis sebanyak 30 mg/kg bobot tubuh dapat menurunkan 24,55% kadar kolesterol darah mencit. Ketika dosis dinaikkan menjadi 100 mg, kadar kolesterol juga turun 42,26%.

Sekian sedikit ulasan mengenai beberapa riset seputar khasiat manggis, tentunya masih banyak riset yang dilakukkan oleh para periset yang belum disebutkan diatas, silahkan anda mencari referensinya, kunjungi juga artikel selanjutnya tentang khasiat kulit manggis untuk kecantikan kulit tubuh dan wajah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Riset Seputar Khasiat Kulit Manggis"

Post a Comment