UA-87394766-1 Rahasia Khasiat Buah Semangka - Aneka Ramuan Kesehatan

Rahasia Khasiat Buah Semangka


Rahasia Khasiat Buah Semangka

Rahasia khasiat buah semangka :: buah dengan ukuran besar serta warna daging buah merah merupakan hal yang tentunya akan anda bayangkan bila menyebut nama semangka.

Semangka atau Citrullus lanatus merupakan satu dari sekian banyak aneka tumbuhan merambat dan banyak tumbuh didaerah tropis seperti Indonesia. Suhu cuaca dan tekstur tanah yang baik untuk menjadikan tumbuhan yang kandungan air cukup tinggi pada buahnya ini bisa tumbuh dengan baik.

Umumnya masyarakat menyukai buah berbiji banyak ini, rasanya yang manis, serta kandungan airnya yang tinggi, mampu menghilangkan dahaga serta mengembalikan kesegaran pada tubuh ketika mengkonsumsinya. Buah semangka juga bisa memberikan manfaat baik bagi kesehatan. Didalam daging buahnya terdapat gizi cukup banyak serta berguna bagi tubuh, yaitu mineral (potassium, belerang, fosfor, sodium, dll), Vitamin (A, B1, B6, dan C), bahan gula serta air.

Khasiat buah semangka bagi kesehatan

Dengan sejumlah unsur tersebut, buah semangka bisa memberikan khasiat bagi kesehatan, sejumlah khasiat buah semangka antara lain yaitu :

1. Menjaga kesehatan jantung.
Buah semangka kaya akan likopen, unsur ini berguna penting untuk menjaga serta meningkatkan kesehatan jantung, likopen juga bisa melindungi pembuluh darah dari kolestrol jahat, sehingga aliran darah dari dan kejantung menjadi lancar, dan tugas jantung dalam memompa darah menjadi normal.

2. Melindungi kulit dari sinar ultraviolet.
Selain baik untuk jantung, likopen pada buah semangka mempunyai khasiat lainnya seperti menjaga kesehatan kulit. Gabungan antara likopen, air, serta serat bisa menjadikan kulit tetap lembab. Likopen juga dapat mengurangi penyerapan sinar ultraviolet dari matahari sebanyak 40%.

Unsur lainnya yang berguna dalam memelihara kecantikan kulit, yaitu Vitamin A dan C. Kedua Vitamin ini terdapat cukup tinggi dalam buah semangka, dan mampu menjadi sumber nutrisi bagi kulit.

3. Menurunkan Tekanan Darah.
Riset yang dilakukan oleh Profesor Arturo Figueroa, dari Florida State University Associate, memperoleh hasil bahwa ekstrak semangka mampu menurunkan tekanan darah pada aorta dan jantung.

4. Mencegah dehidrasi.
Kandungan air yang banyak pada buah semangka bisa melindungi tubuh dari dehidrasi ( kondisi tubuh yang kekurangan cairan).

5. Mengurangi kadar lemak dalam tubuh.
Citruline didalamnya bisa berguna untuk mengurangi sejumlah timbunan lemak pada bagian-bagian tubuh, contohnya perut, dan lipatan paha.

6. Menjaga kesehatan ginjal
Konsumsi buah semangka mampu melancarkan aliran urine dalam tubuh. Terkandung juga kalisum yang berguna sebagai membersihkan ginjal dari aneka macam kotoran seperti racun dan sebagainya.

7. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh.
Unsur Viitamin C pada buah semangka cukup tinggi, Vitamin C bisa berperan dalam membantu meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga tubuh akan memiliki daya tahan cukup baik terhadap perubahan cuaca.

8. Memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.
Didalam buah semangka, terkandung unsur yang dinamakan lypocene. unsur ini bisa memacu pertumbuhan serta memperbaiki kerusakan jaringan dalam tubuh.

9. Aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.
Kelebihan lainnya dari buah semangka, yaitu cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kandungan gula pada buah semangka merupakan gula alami yang aman bagi tubuh. Selain itu, indeks glikemik didalamnya sangatlah rendah, sehingga tidak beresiko menaikan kadar gula darah. Tapi ada baiknya , untuk penderita diabetes, supaya membatasi jumlah asupan buah semangka yang dikonsumsi.

Selain buah yang sangat bermanfaat, bagian terdalam dalam buah semangka, ialah bijinya, dapat juga anda gunakan sebagai obat untuk mengatasi cacing perut pada sistem pencernaan. cara pengolahannya yaitu dengan mengeringkan biji semangka dan dihaluskan, biji yang telah halus tersebut bisa anda gunakan sebagai teh yang kaya akan manfaat, salah satunya bisa mengurangi cacing pita dalam sistem pencernaan tubuh.

Dengan sekian banyak manfaat pada buah semangka ini, sepertinya cocok sekali bila dimasukan sebagai kategori salah satu menu sehat bagi keluarga dirumah.

Demikian ulasan tentang rahasia khasiat buah semangka, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rahasia Khasiat Buah Semangka"

Post a Comment