UA-87394766-1 Kandungan Gizi Dan Khasiat Bayam Untuk Tubuh - Aneka Ramuan Kesehatan

Kandungan Gizi Dan Khasiat Bayam Untuk Tubuh

Kandungan Gizi Dalam Bayam

Kandungan gizi dan khasiat bayam untuk tubuh :: Bayam adalah salah satu jenis tanaman yang sudah dikenal oleh masyarakat dunia tidak terkecuali penduduk Indonesia. Masyarakat kita umumnya mengolahnya menjadi sayur untuk menu makan sehari-hari.

Selain rasanya yang enak, mengkonsumsi bayam secara rutin (baik dijadikan sayur ataupun dijadikan jus) banyak dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan khasiatnya untuk kesehatan tubuh.

Tanaman dengan nama ilmiah Amaranthus sp ini memiliki kandungan zat besi relatif tinggi dibandingkan jenis sayuran lainnya, zat ini berperan penting dalam proses pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Serta proses pertumbuhan pada usia anak-anak dan remaja.

Klasifikasi dan Morfologi

Klasifikasi ilmiah
  • Kingdom : Plantea
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Class : Magnoliopsida
  • Ordo : Caryophyllales
  • Famili : Amaranthaceae
  • Upfamily : Amaranthoidoae
  • Genus : Amaranthus L. (Bandini,Y.,2001)
Morfologi tanaman bayam
  • Tumbuh baik didaerah dengan iklim hangat dan cahaya matahari kuat. Bayam termasuk kedalam tumbuhan C4 yang relatif tahan terhadap pencahayaan langsung.
  • Batang pohonberair dan kurang berkayu.
  • Daun bertangkai, bentuk daun bulat telur, warna daun merah, hujau, hijau keputihan (tergantung jenis bayam).
  • Bunga mejemuk bertife tukal yang rapat.
  • Biji bertekstur keras dan berwarna hitam.

Kandungan Gizi Dalam Bayam

Bayam mengandung sejumlah unsur yang cukup baik untuk tubuh seperti air, energi, protein, mineral dan beberapa vitamin.

Dibawah ini nilai dari setiap kandungan dalam bayam / 100 gram porsi bayam (sumber asiamaya.com)

Kandungan Gizi Dalam Bayam











Mineral

Kandungan Gizi Dalam Bayam










Vitamin

Kandungan Gizi Dalam Bayam






Khasiat Bayam Untuk Tubuh

Dengan unsur-unsur gizi seperti disebutkan diatas, bayam dapat memberikan sejumlah khasiat cukup baik bagi manusia. Dibawah ini adalah beberapa khasiat bayam untuk tubuh (sumber; tabloid nova.com, suara merdeka.com).
  1. Kandungan serat makanan cukup banyak terkandung dalam bayam. Serat berperan penting dalam melancarkan sistem pencernaan tubuh, menghindari sembelit, mengontrol gula darah, dan mencegah perut tidak mudah lapar.
  2. Bayam mengandung Flavonoid yang memilki sifat anti kanker. Flavonoid mampu memperlambat pembelahan sel dalam perut manusia dan sel-sel kanker kulit. Dengan unsur ini, bayam mampu melindungi tubuh dari resiko terserang kanker prostate agresif.
  3. Neoxanthin dan violaxanthin merupakan dua anti-inflamasi epoxyxanthophylls yang terkandung cukup banyak dalam bayam dan berperan penting dalam regulasi peradangan.
  4. Bayam banyak mengandung vitamin (C, E, Beta-karoten), mangan, seng, serta selenium, unsur-unsur tersebut berperan sebagai anti-oksidan kuat dalam melindungi tubuh dari serangan osteoporosis, aterosklerosis, dan tekanan darah tinggi.
  5. Lutein dan zeaxanthin merupakan dua jenis antioksidan yang terkandung cukup banyak dalam bayam dimana keduanya berperan dalam melindungi mata dari radikal bebas penyebab penyakit seperti katarak.
  6. Bayam mengandung kalium cukup tinggi serta sodium rendah. Dengan nilai kandungan keduanya ini sangat berguna bagi penderita tekanan darah tinggi. Bayam juga mengandung folat yang baik untuk menurunkan tekanan darah serta melemaskan pembuluh darah, sehingga aliran darah tetap lancar.
  7. Tingginya vitamin A dalam bayam berakibat positif dalam menjaga kelembaban kulit dan melindunginya dari jerawat, psoriasis, kerantinisasi dan keriput. Vitamin ini juga berperan dalam menjaga kesehatan penglihatan pada mata.
  8. Bayam dapat mencegah terjadinya osteoporosis pada tulang. Mengkonsumsi satu cangkir jus bayam sudah dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh akan vitamin K sebesar 200%. Dengan tercukupinya vitamin K dalam tubuh, maka resiko tulang keropos dapat dihindari. Mineral lainnya seperti magnesium, tembaga, seng, dan fosfor juga berfungsi dalam penguatan tulang.
  9. Kandungan magnesium dalam bayam berperan dalam mencegah terjadinya komplikasi yang terjadi pasca diabetes. Mengkonsumsi bayam secara rtin juga dapat menstabilkan gula dalam darah.
  10. Vitamin C dan betakaroten dalam bayam dapat membantu tubuh dalam melindungi sel-sel usus dari efek negatif radikal bebas. Bayam juga mengandung folat yang berperan dalam mencegah terjadinya kerusakan DNA dan mutasi pada sel-sel usus.

Sekian ulasan tentang kandungan gizi dan khasiat bayam untuk tubuh, semoga bermanfaat bagi anda semua.


    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Kandungan Gizi Dan Khasiat Bayam Untuk Tubuh"

    Post a Comment