UA-87394766-1 Khasiat Alang-Alang Untuk Pengobatan - Aneka Ramuan Kesehatan

Khasiat Alang-Alang Untuk Pengobatan

Khasiat alang-alang untuk pengobatan

Khasiat alang-alang untuk pengobatan :: Alang-alang merupakan tanaman sejenis gulma yang sangat mudah kita jumpai di area ladang atau pesawahan. Tumbuhan dengan nama ilmiah Imperata Cylindrical ini memang tumbuh subur di area tersebut dan pertumbuhannya bisa mengalahkan tanaman yang memang sengaja ditanam petani.

Dibalik keberadaannya sebagai tanaman gulma, ternyata alang-alang juga mempunyai peranan yang baik dalam melindungi tanah dari erosi. Pertumbuhan yang cepat, serta perkembangan akar yang saling bertautan antar pohon membentuk jalinan rimpang kuat yang dapat menahan tanah disekitarnya.

Bagian daun alang-alang juga banyak digunakan untuk atap rumah. Bagian lain dari alang-alang yang dapat dimanfaatkan yaitu serat halus dari malai bunganya dapat digunakan untuk mengisi alas tidur / bantal sebagai pengganti kapuk.

Ilmiah Dan Ciri Umum

Ilmiah alang-alang
  • Kerajaan : Plantae
  • Divisi : Magnoliophiyta
  • Kelas : Liliopsida
  • Ordo : Poales
  • Famili : Poaceae
  • Genus : Imperta Spesies : l.cylindrica
Ciri Khas Tanaman Alang-alang
  • Rumput menahun, tunas panjang bersisik, tumbuh merayap dibawah tanah. Pucuk tunas yang tumbuh keluar tanah runcing tajam.
  • Batang pendek tumbuh menjulang naik keatas tanah dan berbunga. Tinggi antara 0,2-1,5 m.
  • Setiap helaiandaun membentuk garis lanset dengan bagian ujung daun runcing. Bagian pangkal menyempit berbentuk talang, panjang daun sekitar 12-80 cm, bagian tepi kasar serta bergerigi tajam, berambut panjang dibagian pangkalnya, tulang daun umumnya lebar dan berwarna pucat ditengahnya.
  • Karangan bunga dalam dalam malai, panjang sekitar 6-28 cm, dengan anak bulir berambut panjang (putih) sebagai alat untuk melayang bulir buah bila masak.

Khasiat alang-alang untuk kesehatan.

Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan. Alang-alang mengandung sejumlah unsur-unsur kimia yang bermanfaat bagi kesehatan. Unsur-unsur ini banyak terdapat pada bagian akar. Unsur-unsur kimia tersebut beberapa diantaranya yaitu : manitol, glukosa, asam sitrat, asam malic, arundoin, coixol, fernerol, silindrin, anemonin, simiarenol, esin, saponin, alkali, polifenol, dan taninin.

Dengan adanya unsur-unsur yang disebutkan diatas, alang-alang memiliki sifat antipiretik yaitu bersifat menurunkan panas, diuretic yaitu bersifat meluruhkan kemih, hemostatik yaitu dapat menghentikan pendarahan, dapat membuat adem serta menghilangkan rasa haus.

Dibawah ini adalah beberapa khasiat alang-alang sebagai bahan ramuan pengobatan, antara lain dapat mengobati :
  1. Pembengkakan akibat radang ginjal akut
  2. Pembengkakan karena terbentur
  3. Mengobati infeksi pada saluran pencernaan
  4. Pendarahan akibat panasnya darah, misal mimisan, batuk darah, muntah darah dll
  5. Pendarahan pada wanita
  6. Susah buang air kecil atau kencing terus menerus
  7. Demam yang disertai haus
  8. Urat saraf melemah
  9. Radang pada paru-paru
  10. Keputihan pada wanita
  11. Gangguan pencernaan
  12. Jantung koroner
  13. Batuk, flu, diare
  14. Asma
  15. Gonorea (kencing nanah)
  16. Tekanan darah tinggi
  17. Dan lain-lain

Sekian ulasan singkat mengenai khasiat alang-alang untuk pengobatan, smoga artikel ini bisa menambah wawasan anda tentang ramuan untuk pengobatan. Dan khususnya mengetahui khasiat yang tersimpan dalam alang-alang yang lebih kita kenal sebagai tanaman hama ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Khasiat Alang-Alang Untuk Pengobatan"

Post a Comment